Header Ads

Sukseskan New safari Ramadhan, Biro Humas Aceh. Gencarkan BEREH


Biro Humas dan Protokol Setda Aceh bersama sejumlah unsur lainnya,  menggelar gotong royong lanjutan membersihkan dan menghijaukan lingkungan serta sarana prasarana Masjid Al Istiqamah di Gampong Kueh, Kecamatan Lhoknga.Sabtu (17/04/2021),

Dewan Guru dan Siswa SMA Lhoknga Ikut Terlibat

Kota Jantho – ANN

Biroro Humas dan Protokol (Humpro) Setda Aceh bersama sejumlah unsur lainnya, Sabtu (17/04/2021), menggelar gotong royong lanjutan membersihkan dan menghijaukan lingkungan serta sarana prasarana Masjid Al Istiqamah di Gampong Kueh, Kecamatan Lhoknga.

Aksi gotong royong tersebut merupakan bagian dari program New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh tahun 2021 yang mengusung tema Gerakan BEREH (Bersih Rapi Estetis dan Hijau) Masjid dan GESID (Gerakan Vaksinasi Covid 19).

Program itu menyasar 54 masjid pada 23 Kabupaten dan Kota di seluruh Aceh. New Safari Ramadhan ini sengaja digelar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk terwujudnya kebersihan di lingkungan masjid.

Gotong royong yang dipimpin Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto itu, diikuti juga para kepala bagian, kepala sub bagian, hingga staf biasa di biro tersebut.

Kegiatan tersebut juga melibatkan berbagai elemen penting lainnya yang bertanggung jawab di wilayah masjid yang dilaksanakan Safari Ramadhan oleh Pemerintah Aceh. Unsur tersebut antara lain meliputi Camat, Imam Masjid, Kepala Sekolah, Keuchik Gampong, Kepala Puskesmas SMA/SMK beserta guru dan penceramah.

“Ini bagian dari program BEREH yang sengaja menyasar lingkungan masjid, agar rumah Allah ini terlihat bersih dan rapi, demi meningkatkan kualitas dan kekhusyukan ibadah masyarakat di bulan Ramadhan,” ujar Iswanto.

Iswanto menambahkan, aksi BEREH yang digencarkan pada momentum Safari Ramadhan tersebut diharapkan dapat menjadi pemantik bagi pemangku kepentingan dan masyarakat di sekitar masjid. Dengan begitu, nantinya rasa kepedulian untuk menjaga dan merawat sarana ibadah dan fasilitas umum lainnya akan hadir dalam setiap diri masyarakat.

“Kegiatan Safari Ramadhan tahun ini dilakukan secara serentak pada hari ini, selain gotong royong kegiatan akan dilanjutkan nanti malam dengan shalat taraweh bersama dan tausiah,” kata Iswanto.

Ia menjelaskan, tausiah yang akan disampaikan penceramah nanti malam akan mengandung sosialisasi dan edukasi vaksinasi Covid-19. Diharapkan, safari ramadhan tahun ini membuat masyarakat memahami pentingnya vaksinasi Covid-19, guna mengakhiri pandemi ini. Selain itu juga diharapkan masyarakat dapat mendukung vaksin dan patuh menjalankan protokol kesehatan, dengan memakai masker, sering mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Lhoknga, Eka Sari Dewi, mengapresiasi pelaksanaan gotong royong yang dilakukan tim Humas di Masjid Al Istiqamah Lhoknga. Kegiatan tersebut memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Ia pun mengakui, pelaksanaan Safari Ramadhan kali ini jauh berbeda dengan Safari yang dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya.

“Tentu berbeda, kali ini Safari Ramadhan juga diawali dengan aksi BEREH yang dicetus Pemerintah Aceh. Kami pihak sekolah merasa bersyukur dan berterimakasih karena dilibatkan dalam kegiatan ini, kami berharap kegiatan positif seperti ini dapat terus diperbanyak,” kata Eka.

Eka menyebutkan, aksi BEREH lanjutan di Masjid Al Istiqamah Lhoknga kali ini, pihaknya menurunkan seluruh unsur dewan guru dan puluhan murid untuk ikut serta bergotong royong. Menurutnya, seluruh jajaran dan murid yang ia pimpin itu tampak antusias mengikuti kegiatan gotong royong BEREH.

Adapun gotong royong lanjutan yang dilaksanakan tim Biro Humpro dan berbagai elemen lainnya itu meliputi pembersihan areal pekarangan masjid, menyapu halaman masjid, pembersihan toilet dan tempat wudhu, pengecatan kamar mandi, pengecatan pagar hingga pengumpulan sampah dan menanam pohon

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.