• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    Kodim 0102/Pidie Gelar Tes Kesegaran Jasmani Periodik I 2024 dan UKP

    Admin
    5/22/24, Rabu, Mei 22, 2024 WIB Last Updated 2024-05-22T16:16:13Z

    Sigli - Sejumlah anggota Kodim 0102/Pidie yang mengikuti Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) mengikuti Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I Tahun Anggaran 2024 berlangsung di lapangan sepak bola Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie. Rabu (22/5/2024).


    Tes kesamaptaan jasmani merupakan syarat mutlak dalam meningkatkan kemampuan fisik prajurit guna untuk mendukung tugas pokok selama ini telah terlatih dan membina fisik.


    Adapun tes kesamaptaan jasmani merupakan syarat mutlak bagi prajurit sebagai persyaratan untuk Usul Kenaikan Pangkat (UKP) di jajaran semua prajurit, Perwira, Bintara, Tamtama, serta PNS TNI.


    Kegiatan kesamaptaan jasmani Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) periode 2024 yang di selenggarakan oleh Kodim 0102/Pidie ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari 20 hingga 22 Mei 2024.


    Kegiatan kesamaptaan jasmani Tes kesegaran jasmani tersebut meliputi Kesegaran A yaitu lari 12 menit sedangakan kesegaran B meliputi pull up, sit up, push upp, shuttle run, serta di tambah dengan ketangkasan renang militer dasar yang diadakan di kolam renang Water Park Sigli.




    Sebelum memulai tes, personel terlebih dahulu mengisi blangko dan menjalani pengecekan kesehatan, termasuk pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah oleh tim kesehatan dari FKTP Yudha Bakti Polkes IM/09.01 Sigli.

    Kegiatan ini diawasi oleh Pasipers Kodim 0102/Pidie, Kapten Inf Ibrahim, dan dipandu oleh tim Jasmani Militer Korem 011/Lilawangsa, yakni Serka Kusmawan dan Serka Deni Permana.


    Komandan Kodim 0102/Pidie, Letkol Inf Abd. Jamal Husin M. Han., melalui Perwira Seksi Pers mengatakan, kegiatan ini dilakukan Tes Kesegaran Jasmani adalah salah satu program kerja pembinaan satuan di bidang personel.


    "Tujuan pelaksanaan Garjas periodik ini adalah untuk mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani yang dimiliki oleh seorang prajurit, yang rutin dilakukan secara berkala guna menunjang tugas pokok ke depan," ujarnya.



    Ia menambahkan bahwa Hal ini untuk mengukur dan menjaga kemampuan fisik prajurit agar tetap prima dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan di masa depan. Tes ini juga merupakan salah satu persyaratan bagi prajurit yang sedang mengusulkan kenaikan pangkat setiap periodenya.

     

    "Namun, dalam setiap kegiatan, faktor keamanan selalu kami tekankan agar semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar," tegasnya.


    Menurut Kapten Inf Ibrahim, selaino disiplin, kemampuan menembak, berperang, dan bela diri, seorang prajurit profesional juga harus memiliki fisik yang prima. "Fisik yang prima hanya bisa didapatkan dengan berlatih secara rutin, terukur, dan berkelanjutan," tambahnya.


    Kegiatan ini mencerminkan komitmen Kodim 0102/Pidie dalam menjaga dan meningkatkan kesiapan fisik prajuritnya demi mendukung tugas dan tanggung jawab di masa akan datang. (***)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini