Header Ads

BUMG BINA BEUSARE GAMPONG RANTAU PANYANG TANAH JAMBO AYE KEMBANGKAN UNIT USAHA PERIKANAN DAN PERKEBUNAN


ACEH UTARA - ANN

Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) ‘Bina beusare’ Desa Rantau panyang  Tanah Jambo aye , Kabupaten Aceh Utara menjadi salah satu BUMG yang berhasil mengembangkan usahanya dibidang perikanan dan perkebunan,Selasa 11 Agustus 2020.


Hal itu dibuktikan meningkatnya modal yang awalnya tahun 2019 diplod anggaran dasar sekitar Rp 100 juta rupiah,kemudian padahun 2020 desa kembali menganggarkan anggaran tambahan sebesar 240 juta rupiah dalam kurun pertengahan  tahun  modal usaha yang dikelola BUMDes Rantau panyang tersebut, sudah untung kurang lebih Rp 50 juta rupiah . Semua itu tentu atas kerja keras pengelola dan pemerintah Desa setempat.


Geuchik Rantau Panyang Kecamatan Tanah Jambo aye Aceh Utara Hasanuddin,S.sos, Melalui Ketua BMUG Abdussalam mengatakan BUMDes ‘Bina Beusare,adalah badan usaha milik desa yang dikelola secara independen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kami bersyukur dari tahun ke tahun BUMG Bina Beusare ini terus berkembang dengan baik. Berbagai macam potensi desa yang dikelola oleh BUMG berhasil menyokong kegiatan perekonomian masyarakat seperti Bantuan sosial dan kebutuhan desa lain nya,” kata nya.


Ia menambahkan , berjalannya waktu dengan semangat yang tinggi pengurus BUMDes dan pemerintah Desa, serta dukungan segenap warga, secara bertahap sejumlah usaha dirintis yang dijalankan makin berkembang dan menghasilkan ke untungan yang senifikan nanti nya.


“Sebagai lembaga komersial, BUMDes telah memberi ruang secara luas kepada masyarakat desa untuk meningkatkan penghasilan dan menciptakan lapangan pekerjaan di desa Rantau Panyang ini kemudian untuk langkah selanjut nya kita berencana akan membangun usaha Bidang Air bersih yaitu pengembangan RO untuk masyarakat Konsumsi sehari hari ” ujar nya.


Sementara itu,Camat Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, Ismohar Sstp,Msi Mengatakan,dukungan dan apresiasikan atas Kemajuan Badan usaha Milik Gampong (BUMG) Rantau Panyang yang semakin maju dibidang usaha perikanan perkebunan,kata nya.

"Melihat perkembangan BUMG di gampong Ranto panjang Kemukiman Jambo Aye Utara, Kami Sangat berbahagia sekali dan juga bangga,kita patut Apresiasi Daripada upaya Pengelolaan di gampong tersebut telah menunjukkan hasil cukup baik di antaranya selama dua tahun ini telah mampu memberikan Bantuan Sosial kepada Masyarakat dalam rangka bentuk kepedulian sesamadapat membantu mereka dengan sumber dana dari hasil BUMG "jelas nya.


Ia mengharapkan BUMG ini dapat terus aktif dan mengembangkan usahanya, disamping juga telah di laksanakan saat ini yaitu bidang Tambak, Sawit, dan mudah-mudahan kedepan berkembang di sektor-Sektor lainnya untuk terus meningkat kan pendapatan asli gampong.

"Karena memang titik berat di pengelola desa yang di harapkan oleh pemerintah pusat yaitu pemberdayaan masyarakat dan Penguatan BUMG sehingga di harapkan Pasca selesai nya Dana desa ini, desa telah mandiri dengan pendapatan asli gampong nya, dan kita sangat mengharapkan kepada gampong-gampong lainnya kiranya dapat mungkin mencontohkan keberhasilan dan kesuksesan gampong Ranto Panjang dalam Pengelolaan BUMG nya semakin mengembang",tutupnya

(Munawir)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.