Header Ads

Judul Iklan

BI Program Dedikasi Beri Bantuan Oksigen Untuk Penanganan Covid -19


| ANN.co.id

Di tengah upaya penanggulangan pandemi Covid-19 seiring dengan penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 oleh Pemerintah, Bank Indonesia (BI) melalui Program Dedikasi untuk Negeri berkomitmen memberikan bantuan sarana/prasarana penunjang kesehatan berupa 5700 tabung oksigen (beserta isi dan regulator), perlengkapan pendukung yaitu oksigen generator dan oksigen konsentrator, serta Alat Pelindung Diri (APD), sebagai wujud solidaritas dan kepedulian terhadap penanganan pandemi Covid-19 nasional.

Bantuan disalurkan kepada sejumlah rumah sakit di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan sejumlah rumah sakit lainnya di wilayah Jawa, Bali, dan Kalimantan Tengah melalui Kantor Perwakilan BI.

Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Rumah Sakit Lapangan yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19, bantuan sarana/prasarana kesehatan juga diberikan kepada Tentara Nasional Indonesia (Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara) serta Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

Dalam kesempatan penyerahan bantuan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Satgas Covid-19 wilayah Jakarta Raya, Bekasi, dan Tangerang menyampaikan apresiasi kepada BI dan akan memanfaatkan secara baik bantuan yang diberikan, sebab dalam kondisi saat ini tabung oksigen dapat menyelamatkan banyak nyawa. Pendistribusian tabung oksigen kepada kepada sejumlah rumah sakit di wilayah Jawa, Bali dan Kalimantan Tengah dilakukan secara bertahap.

Untuk tahap awal, pendistribusian tabung oksigen secara fisik di wilayah Jakarta telah diberikan kepada Rumah Sakit Fatmawati, RSPAD, Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC), RSUD/RSKD DKI Jakarta, dan RSCM. Sementara di wilayah Jawa lainnya telah dilakukan pendistribusian tabung oksigen lengkap dengan regulator ke wilayah Bandung dan Solo.

Pada saat yang sama, dukungan BI tidak hanya melalui lembaga tetapi juga oleh pegawai melalui Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI). Sejak tahun 2020, IPEBI menginisiasi penggalangan dana untuk bantu penanganan Covid-19 yang dihimpun melalui Program Donasi Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI).

Khusus dalam masa pemberlakuan PPKM level 4, IPEBI telah menyalurkan bantuan tersebut dalam bentuk unit kendaraan bermotor, hand pallet, vitamin, dan alat-alat penunjang kesehatan untuk RSD Wisma Atlet, alat terapi oksigen dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan di wilayah Jawa Timur, logistik makanan untuk Palang Merah Indonesia (PMI), serta vitamin untuk RSCM.

Program Dedikasi Untuk Negeri merupakan program tanggung jawab sosial BI kepada masyarakat. Melalui 3 pilar, yaitu Program Peningkatan Kapasitas Ekonomi dan UMKM, Program Pengembangan Kapasitas SDM, dan Pemahaman Publik, serta Program Kepedulian Sosial, BI telah menyalurkan bantuan kepada 7068 lembaga atau kelompok masyarakat di seluruh Indonesia pada sepanjang tahun 2020.[]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.