Iklan

Category 2

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Terima Kunjungan Para Pengusaha Ikan

9/16/21, Kamis, September 16, 2021 WIB Last Updated 2021-09-16T16:27:42Z


Kegiatan rapat bersama para Asosiasi Pengusahan Ikan, untuk membahas sejumlah persoalan dan keluhan para Pengusaha Ikan yang beraktivitas di (PPS) Kutaraja Banda Aceh. Dalam rapat tersebut juga dihadiri Oni Kandi, S,Pi, M,Si kepala Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan samudra Kutaraja Lampulo Banda Aceh, A.Kadir Kabid Perikanan Tangkap dan Abdul Syakur Kabid Perikanan Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan.

Selain dari unsur Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, juga dihadiri langsung Ketua Asosiasi Industri Ikan Aceh (AIIA) Nurchalis bersama dengan sejumlah pengusahan-pengusahan ikan lainnya dan Penasehat Khusus Gubernur Aceh Fauzan Aulia.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman, S,Pi, M,Si menyebutkan, untuk meningkatkan nilai tambah pada sektor perikanan Aceh, peran aktif kalangan para pengusahan saat ini sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai tambah pada produk-produk perikanan Aceh.

“Kehadiran kalangan pengusahan saat ini sangat diperlukan dalam memajukan sektor perikanan Aceh, dengan adanya para pengusaha akan meningkatkan nilai tambah, sehingga produk perikanan Aceh dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Kadis DKP

Selama ini, sudah ada beberapa perusahaan yang melakukan Ekspor hasil perikanan Aceh ke berbagai negara tujuan, namun masih terbuka peluang untuk kalangan swasta lain yang ingin berinvestasi di kawasan PSS Lampulo.

“Semakin banyak kalangan swasta yang beraktivitas disektor perikanan, maka dengan sendirinya akan memperluas lapangan kerja baru di Aceh, kemudian hasil-hasil tangkapan nelayan memiliki harga yang lebih kompetitif sehingga masyarakat lebih diuntungkan,” tegasnya.

Selain itu, tambahnya, kehadiran pengusahan akan membawa dampak yang berkesinbungan dengam sektor lain, seperti, penyedia Jasa, dan terserapnya tenaga kerja lokal.

“Kehadiran Industri memiliki peranan sebagai (leading sector) dengan adanya pembangunan industri maka akan memacu sektor-sektor lain, sebagai contoh pertumbuhan sektor industri perikanan yang pesat akan merangsang pertumbuhan sektor penyediaan tenaga kerja, sektor jasa dan berbagai aktivitas lainnya yang memiliki keterkaitan dengan perikanan.

Komentar

Tampilkan

Terkini