Iklan

Category 2

Kasus Baru 231 Orang, Lima Daerah Zona Oranye di Aceh

3/03/22, Kamis, Maret 03, 2022 WIB Last Updated 2022-03-02T18:22:09Z


Banda Aceh—Kasus harian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) bertambah lagi sebanyak 231 orang, pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 78 orang, dan dua orang dilaporkan meninggal dunia di Aceh, dalam 24 jam terakhir. Sementara itu, lima kabupaten/kota di Aceh kini kembali menjadi zona oranye, atau zona risiko sedang penularan virus corona. 


Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media massa di Banda Aceh, Rabu (2/3/2022).


“Penambahan kasus baru yang mencapai ratusan orang ini perlu disikapi dengan siaga, apalagi sebarannya hampir merata di seluruh Aceh,” ujar pria yang akrab disapa SAG itu. 


Ia menjelaskan, kasus-kasus baru harian yang dilaporkan meliputi warga Banda Aceh sebanyak 57 orang, Pidie 32 orang, Aceh Besar 23 orang, Aceh Tengah 22 orang, Gayo Lues 21 orang, Aceh Tamiang 19 orang, dan Kota Langsa sebanyak 13 orang. Kemudian warga Lhokseumawe dan Bireuen sama-sama tujuh orang. 


Selanjutnya warga Sabang enam orang, Bener Meriah lima orang, Pidie Jaya, Aceh Jaya, dan Aceh Barat, masing-masing sebanyak empat orang. Lebih lanjut warga Aceh Timur, Aceh Utara, dan warga Aceh Selatan, sama-sama dua orang. Sedangkan satu orang lagi yang dilaporkan positif Covid-19 tercatat warga Simeulue. 


Sementara itu, pasien-pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh meliputi warga Banda Aceh mencapai 53 orang, Pidie Jaya 10 orang, Aceh Tengah tujuh orang, warga Aceh Tamiang, Sabang, dan warga Aceh Tenggara, sama-sama sebanyak dua orang. Sedangkan dua orang lagi warga Pidie dan Nagan Raya. 


Selain kasus baru dan pasien yang sembuh, dua orang dilaporkan meninggal dunia dalam 24 jam terakhir. Mereka yang menghembuskan nafas terakhirnya akibat serangan virus corona, yakni warga Aceh Besar dan warga Aceh Barat. 


Kemudian, SAG juga melaporkan peta zonasi risiko Covid-19 berdasarkan data analisis Satgas Penanganan Covid-19 per tanggal 27 Maret 2022. Kini tidak ada lagi zona hijau di Aceh, melainkan zona kuning dan oranye. Zona kuning merupakan zona risiko rendah, sedangkan zona oranye merupakan daerah risiko sedang peningkatan kasus Covid-19. 


“Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Aceh Besar, Banda Aceh, dan Sabang merupakan zona risiko sedang dengan notasi warna oranye. Sedangkan 17 kabupaten/kota lainnya merupakan zona kuning di Aceh,” tutur SAG. 


Kasus kumulatif


Selanjutnya, seperti biasa, SAG melaporkan kasus kumulatif Covid-19 di Aceh hingga 2  Maret 2022. Total kasus Covid-19 di Aceh sudah mencapai 40.702 orang. Pasien yang sembuh atau penyintas Covid-19 di Aceh sebanyak 37.033 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia 2.091 orang, sejak Pandemi Covid-19 melanda Aceh akhir Maret 2020 lalu. 


“Kasus akumulatif di atas sudah terhitung kasus terbaru yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam hari ini sebanyak 231 orang, sembuh 78 orang, dan dua orang yang dilaporkan meninggal dunia,” simpul SAG.[] 


Mohon koreksi redaksi/spelling yang keliru dan disesuaikan. Terima kasih

Komentar

Tampilkan

Terkini

Aceh

+