Header Ads

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman Menyambut Baik Hadir Bank Danamon Syariah


 ANN |Banda Aceh

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh yang juga Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyambut baik kehadiran Bank Danamon Syariah di Aceh. Ia berharap, kehadiran bank yang berdiri sejak 1956 itu, mampu berkontribusi positif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia pun mengapresiasi Bank Danamon Syariah yang telah merampungkan seluruh proses konversi dari sistem keuangan konvesional ke syariah, sesuai dengan amanah Qanun Aceh nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Aminullah dalam sambutannya pada acara launching implementasi Qanun LKS oleh Bank Danamon yang digelar secara virtual, Selasa 27 April 2021. Aminullah sendiri mengikuti acara dari pendopo, didampingi Sekum MES Aceh Sugito.

Merunut ke belakang, ia mengatakan pada akhir 2018, Pemerintah Aceh menerbitkan Qanun LKS yang mengatur seluruh lembaga keuangan termasuk bank yang beroperasi di Aceh wajib dilaksanakan berdasarkan prinsip syariah. “Qanun ini mulai berlaku 4 Januari 2019 dan paling lama tiga tahun setelahnya, wajib diimplementasikan oleh seluruh lembaga keuangan di Aceh.”

Katanya lagi, penerapan sistem syariah pada lembaga keuangan telah lama diidamkan masyarakat Aceh. “Sejak berlaku syariat Islam pada 2002, kita hanya fokus dalam bidang akidah, ibadah, dan syiar Islam, sehingga dalam hal muamalah belum berjalan maksimal. Oleh sebab itu, lahirnya Qanun LKS ini untuk mempertegas penerapan syariat di Aceh.”

Aminullah pun menyambut baik kehadiran Bank Danamon Syariah yang hari ini sudah resmi mengimplementasikan Qanun LKS. “Selamat bergabung ke dalam jajaran perbankan syariah di Aceh. Kami siap memberi kemudahan-kemudahan sesuai kewenangan pemko, dan melalui MES kita akan menjembatani setiap tantangan ke depan.”

“Sekali lagi kami ucapkan selamat. Semoga kehadiran Danamon Syariah akan memberi kontribusi positif dalam upaya menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran, serta mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Aceh dan Banda Aceh pada khususnya,” kata mantan Dirut Bank Aceh dua periode tersebut.

Selain Aminullah, turut hadir sebagai tamu VIP pada acara tersebut di antaranya Sekdaprov Aceh Taqwallah yang mewakili Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Ketua OJK Aceh Yusri, Dirut Bank Danamon Yasushi Itagaki, dan Direktur Danamon Syariah .(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.