Header Ads

Lima Pelajar Indonesia Tuntaskan Qiraat Sab'ah di Institut Al Aydrus Yaman, Salah Satunya Putra Asal Aceh



Institut Al Aydrus merupakan sebuah lembaga pendidikan di Tarim, Hadhramaut, Yaman yang membawahi empat
program unggulan, yakni program Tahfiz Al Qur'an, program Qiraat Sab'ah atau Qiraat tujuh (salah satu cabang ilmu dalam Ulum Al-Qur'an), program Ilmu Syariah dan program Kelas Bahasa Arab untuk pemula non Arab yang ingin memahami kaedah bahasa Arab lebih dalam.

Pada Senin (22/7/19) lalu, lembaga tersebut menggelar acara khataman Qiraat Sab'ah atau Qiraat tujuh kepada lima pelajar Indonesia yang sudah menuntaskan ilmu Qiraat selama dua tahun. Salah satu diantaranya adalah putra asal Aceh Besar, yakni Tgk. Zinnun Al Misri. Saat ini, ia juga tercatat sebagai salah satu mahasiswa di Universitas Al Ahgaff, Tarim, Yaman.

Sedangkan empat yang lainnya adalah Ahmadi bin Mar'ie dari Jawa Timur, Muhammad Lutfi dari Jawa Tengah, Ahmad Syauqi dari Kalimantan Selatan dan Ridwan dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Selain dari Indonesia, pelajar yang berhasil menyelesaikan 7 Qiraat dari halakah Al Ustaz Majid bin Salim Shubaih tahun ini juga berasal dari lintas negara, seperti Tanzania, Somalia dan sebagainya.

Prosesi khataman berlangsung di Auditorium Fakultas Ilmu Qira'at Institut Makhad Al Aydrus. Acara tersebut dihadiri langsung Rektor Institut Makhad Al Aydrus, Dr. Al Habib Abdullah bin Abdul Qadir Al Idrus, segenap staf pengajar, civitas Makhad dan segenap tamu undangan.

Acara dimulai setelah salat Isya berjamaah waktu setempat dengan khataman pembacaan surat-surat Al-Qur'an, pembacaan doa-doa, sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan acara penyerahan penghargaan.

Acara berjalan dengan tertib dan khidmat hingga berakhir dengan sesi foto bersama dan makan malam, tepatnya jam 10:30 waktu Yaman.

Selamat kepada shahibul khatam yang telah menyelesaikan tujuh Qiraat. Semoga  ilmunya berkah, bermanfaat dan menjadi insan yang Qur'ani. Sekian!

(Reporter: Yunalis Abdul Gani, Mahasiswa Pascasarjana di Universitas Al Ahgaff, asal Cot Trieng, Bireuen)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.