• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki Irup Hari Santri di Pesantren Al-Manar

    10/28/22, Jumat, Oktober 28, 2022 WIB Last Updated 2022-10-27T17:24:33Z

    Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur juga mengapresiasi para santri, karena meski bisa menjadi apa saja, namun tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya.

    Bagi santri, sambung Achmad Marzuki, Agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan. Menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah salah satu tujuan diturunkannya agama di muka bumi (maqashid al-syariah). Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

    Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia.

    Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, Pj Gubernur mengajak para peserta peringatan Hari Santri untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri, mengajak para santri untuk selalu mempersiapkan diri dalam bidang apa saja, sehingga memiliki daya saing dan ketangguhan. “Santri harus mampu bersaing dengan siapa saja dan di medan mana saja. Persaingan itu yang berbasis intelektualitas dengan basis ilmu pengetahuan dan teknologi. Santri saat ini diharapkan untuk dapat menguasai beberapa skill,” kata Zahrol Fajri.

    Di samping itu, Zahrol Fajri juga mengingatkan para santri agar memiliki kelebihan spiritual yang membuat santri menjadi pribadi unggul.

    Upacara peringatan Hari Santri di Pesantren Modern Al Manar itu juga diwarnai dengan atraksi bela diri para santri, mulai dari melompat lingkaran api hingga ketangguhan memecahkan beton. Selain itu kreasi santri lainnya, yang membuat kagum peserta upacara dan masyarakat yang ikut dari luar lapangan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini